AirWaybill ( AWB )

AirWaybill ( AWB ) adalah dokumen yang paling penting yang dikeluarkan oleh operator secara langsung atau melalui agen resmi nya. Ini adalah dokumen angkutan non-negotiable . Ini mencakup pengangkutan kargo dari bandara ke bandara . Dengan menerima pengiriman agen kargo IATA bertindak atas nama pembawa air waybill yang dikeluarkan .

Fungsi utamanya adalah :

1. Kontrak Carriage .
Di balik setiap asli dari Air Waybill adalah kondisi kontrak untuk pengangkutan .
2. Bukti Penerimaan Barang
Ketika pengirim memberikan barang untuk diteruskan , ia akan mendapatkan tanda terima . Penerimaan adalah bukti bahwa pengiriman itu diserahkan dalam keadaan baik dan kondisi dan juga bahwa instruksi pengiriman , sebagaimana tercantum dalam Surat Pengirim Instruksi , dapat diterima . Setelah selesai , salinan asli dari air waybill diberikan kepada pengirim sebagai bukti penerimaan barang dan sebagai bukti kontrak pengangkutan
3. Bill angkutan
Air waybill dapat digunakan sebagai tagihan atau invoice bersama-sama dengan dokumen pendukung karena dapat menunjukkan biaya yang harus dibayar oleh penerima barang , biaya karena agen atau carrier. Sebuah salinan asli dari air waybill digunakan untuk akuntansi pengangkut
4. Sertifikat Asuransi
Airwaybill udara juga dapat berfungsi sebagai bukti jika operator berada dalam posisi untuk memastikan pengiriman dan diminta untuk melakukannya oleh pengirim .
5. Deklarasi pabean
Meskipun pihak pabean membutuhkan berbagai dokumen seperti faktur komersial , packing list , dll air waybill juga merupakan bukti dari jumlah barang ditagih untuk barang bawaan dan mungkin diperlukan untuk disajikan untuk bea cukai Format air waybill telah dirancang oleh IATA dan ini dapat digunakan untuk transportasi domestik maupun internasional . Ini tersedia dalam dua bentuk , yaitu . logo maskapai dilengkapi air waybill dan air waybill netral . Biasanya , airwaybill udara maskapai didistribusikan ke agen kargo IATA oleh penerbangan IATA . air waybill udara menunjukkan :


  • ·         nama pengangkut
  • ·        alamat kantor pusatnya
  • ·        logonya
Hal ini juga memungkinkan untuk menyelesaikan airwaybill udara melalui sistem komputerisasi . Agen di seluruh dunia sekarang menggunakan sistem mereka sendiri di-rumah komputer untuk mengeluarkan penerbangan dan angkutan Forwarders ' airwaybill udara sendiri . Agen kargo IATA biasanya memegang airwaybill udara beberapa operator . Namun, berangsur-angsur menjadi sulit untuk mengakomodasi airwaybill udara pra - nomor dengan identifikasi dicetak dalam sistem komputer . Oleh karena itu airwaybill netral diciptakan . Kedua jenis airwaybill udara memiliki format yang sama dan tata letak . Namun, air waybill netral tidak menanggung nama pra-cetak individual , alamat kantor pusat , logo dan nomor seri .

Keabsahan

air waybill adalah kontrak , yaitu perjanjian diberlakukan oleh hukum . Untuk menjadi kontrak yang sah itu harus ditandatangani oleh pengirim atau agennya dan oleh operator atau agen resminya . Meskipun individu atau organisasi yang sama dapat bertindak atas nama kedua pembawa dan pengirim , yang air waybill harus masuk dua kali masing-masing di masing-masing pembawa dan pengirim kotak . Kedua tanda tangan mungkin orang yang sama . Hal ini juga menyiratkan bahwa air waybill harus dikeluarkan segera setelah menerima barang dan surat instruksi dari pengirim .

Selama air waybill bukanlah tanggal atau menandatangani dua kali , barang tidak jatuh dalam hal kondisi kontrak dan karena itu operator tidak akan menerima tanggung jawab atas barang . Validitas air waybill dan dengan demikian kontrak pengangkutan berakhir pada saat penyerahan kiriman ke penerima ( atau agen resmi nya ) .
Tanggung jawab untuk Penyelesaian

air waybill adalah kontrak - perjanjian antara pengirim dan pengangkut . Agen hanya bertindak sebagai perantara antara pengirim dan operator . The air waybill juga kontrak itikad baik . Ini berarti bahwa pengirim akan bertanggung jawab untuk hasil tangkapan juga bertanggung jawab atas semua kerusakan yang diderita oleh maskapai atau orang karena ketidakteraturan , ketidaktepatan atau ketidaklengkapan insersi pada air waybill , bahkan jika air waybill telah selesai oleh agen atau pembawa atas namanya .

Ketika pengirim menandatangani AWB atau masalah surat instruksi ia sekaligus menegaskan kesepakatan untuk kondisi kontrak .

Definisi istilah Tidak Negotiable

airWaybill adalah dokumen non-negotiable seperti bills of lading yang dinegosiasikan . Kata-kata non-negotiable yang tercetak jelas di atas air waybill . Ini berarti bahwa air waybill adalah kontrak untuk transportasi saja dan tidak mewakili ( nilai ) barang yang disebutkan dalam sifat kotak dan kuantitas barang . Bill of lading laut , jika dinegosiasikan , dapat mewakili ( nilai ) barang dan harus disetujui oleh pihak akhirnya menerima barang . Meskipun AWB adalah dokumen non-negotiable , dapat digunakan sebagai alat pembayaran . Hal ini dapat dilakukan hanya melalui perantara bank dan hanya jika kereta tunduk pada letter of credit . The air waybill dilaksanakan menurut ketentuan letter of credit memungkinkan pengirim untuk menyajikan asli dari air waybill ke bank dan mengumpulkan nilai ditagih dari barang yang dikirim dari bank . Jumlah yang dibayarkan oleh bank kepada pengirim akan didebet ke penerima yang memerintahkan barang . Di tempat tujuan operator hanya akan menyerahkan barang ke penerima pada penerimaan order rilis bank dari bankir penerima barang .

Barang dalam konsinyasi udara diserahkan langsung kepada pihak ( penerima barang ) yang disebutkan dalam letter of credit ( L / C ) . Kecuali barang konsinyasi kepada pihak ketiga seperti bank penerbit , importir dapat memperoleh barang dari operator di tempat tujuan tanpa membayar bank penerbit atau pengirim . Oleh karena itu , kecuali pembayaran tunai telah diterima oleh eksportir atau integritas pembeli perlu dipertanyakan , consigning barang langsung ke importir berisiko . [ 2 ]

Untuk konsinyasi udara ke tujuan tertentu , adalah mungkin untuk mengatur pembayaran pada COD ( cash on delivery ) secara dan memperuntukkan barang langsung ke importir . Barang yang dirilis ke importir hanya setelah importir melakukan pembayaran dan sesuai dengan petunjuk di AWB .

Pada angkutan udara , eksportir ( pengirim ) sering terlibat pengirim barang atau konsolidator untuk menangani forwarding barang . Pengirim memberikan Surat Pengirim Instruksi yang memberikan kewenangan kepada agen forwarding untuk menandatangani dokumen-dokumen tertentu ( misalnya AWB ) atas nama pengirim .

air waybill harus menunjukkan bahwa barang telah diterima untuk diangkut , dan harus ditandatangani atau disahkan oleh carrier atau bernama agen untuk atau atas nama pengangkut . Tanda tangan atau otentikasi dari carrier harus diidentifikasi sebagai pembawa , dan dalam kasus penandatanganan agen atau otentikasi , nama dan kapasitas pembawa atas nama siapa tanda-tanda agen atau mengotentikasi harus ditunjukkan .

airWaybill udara internasional yang mengandung kargo konsolidasi disebut waybill udara utama ( MAWB ) . MAWBs memiliki surat-surat tambahan yang disebut rumah waybill udara ( HAWB ) . Setiap HAWB berisi informasi dari setiap pengiriman ( consignee , isi , dll) dalam konsolidasi . AWBs internasional yang tidak dikonsolidasi ( hanya satu pengiriman dalam satu tagihan ) disebut AWBs sederhana . Sebuah rumah air waybill juga dapat dibuat oleh perusahaan pengirim barang . Ketika pengiriman dipesan , maskapai ini mengeluarkan MAWB ke forwarder , yang pada gilirannya mengeluarkan rumah sendiri air waybill mereka kepada pelanggan . [ 2 ]
Rumah dan Guru AWBs dan BLS

Sebuah freight forwarder menawarkan layanan konsolidasi , akan mengeluarkan air waybill sendiri atau bill of lading . Mulai sekarang AWB akan digunakan untuk merujuk kepada keduanya. Ini disebut Forwarder atau Rumah AWB dengan padanannya Rumah BL . Ini bertindak sebagai kontrak pengangkutan antara pengirim dan forwarder , yang dalam hal ini menjadi Dianggap Pembawa . The forwarder pada gilirannya masuk ke dalam kontrak dengan satu atau lebih operator , yang sering menggunakan lebih dari satu moda transportasi . Kontrak pengangkutan antara forwarder dan pembawa disebut Master Air Way Bill ( MAWB atau MBL ) . Rumah Air Waybill ( HAWB ) atau Bill of Lading ( HBL ) dapat bertindak sebagai dokumen transport multimodal .




share

7 komentar:

  1. Kirim uang dari luar negri dlm jumlah besar bisa ngk ' lewat way bill?

    BalasHapus
  2. Bisa ngk kirim uang dari luar negri dalam jumlah besar?

    BalasHapus
  3. Gimana cara mengetahui paket yang kita pesan sudah datang atau belum

    BalasHapus
  4. Apakah setelah mengetahui bahwa barang kiriman sudah datang kita harus membayar biaya pajak bea cukai dsb?

    BalasHapus
  5. Mohon ulasannya ya berapa biaya pengiriman dari dubai ke indonesia jawa barat dan apakah benar biayanya bisa mncpi 20 juta pdhl pketnya ,bju perhiasan,hp,uang,tas,sepatu,dan,si,penerima,yg tanggung biaya semuanya mohon ulasannya ya

    BalasHapus
  6. Tolong beritahu saya agar bisa menghubungi perusahan ini
    Saya kemarin Nerima paket dari England saya di suruh bayar 10.200 juta
    Sudah saya kirim tapi perusahan mengatakan saya di suruh kirim lagi 10 juta
    Mohon info ke saya 🙏🙏🙏🙏

    BalasHapus
  7. saya pesen barang di halogan soscom udh pesen nah yg satunya aku batalin krna 2barang.jd dobel bisa di cancel kan.

    BalasHapus